Detail Artikel
ANALISIS KINERJA KEUANGAN BUMN YANG LISTED DI BEJ SEBELUM DAN SESUDAH PRIVATISASI
Andayani, SE., MSi.
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya
 
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja BUMN yang melakukan privatisasi. Kinerja keuangan BUMN diukur dengan menggunakan rasio keuangan yang terdiri dari: rasio purchase/sales, profit/value added, current ratio, quick ratio, rasio utang atas modal, rasio utang atas aktiva, net profit margin, total assets turnover, return on assets (ROA) dan return on equity (ROE).                                                                                                   
Sampel  penelitian ini adalah 7 BUMN yang melakukan privatisasi dan terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ), dengan periode penelitian 3 tahun sebelum dan 3 tahun sesudah privatisasi. Penelitian menggunakan uji beda berpasangan (uji t) untuk menguji perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah privatisasi.
 
Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada rasio keuangan current ratio dan quick ratio sebelum dan sesudah privatisasi. Sedangkan pada rasio purchase/sales, rasio profit/value added, rasio utang atas modal, rasio utang atas aktiva, net profit margin, total assets turn over, return on assets (ROA) dan return on Equity (ROE) tidak terdapat perbedaan yang signifikan setelah privatisasi. Hal ini bisa disebabkan karena pasca privatisasi terjadi banyak perubahan di dalam BUMN, baik perubahan struktur organisasi maupun perubahan visi dan misi BUMN, sehingga manajemen BUMN masih memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan tersebut. Dengan tidak adanya perbedaan yang signifikan pada delapan rasio keuangan dari sepuluh rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kinerja keuangan yang signifikan pada BUMN setelah diprivatisasi.
18 Dec 2012, Download Abstrak  :Download Back
 
User Login

Username  

Password  

Register  
 
 
 
Statistik Website

Total Pengunjung

:713497

Pengunjung hari ini

:154
 
 
Developed by Surya Citra Jaya